ARTIKEL TERBARU

Kamis, 19 Mei 2011

Panduan Memilih Tayangan Edukatif untuk Anak Prasekolah

Membiarkan anak usia prasekolah duduk seharian menatap layar kaca tentu bukan keputusan yang bijaksana. Tetapi, menonton televisi beberapa jam setiap hari sesungguhnya dapat mendatangkan manfaat, terutama jika tayangan televisi yang Anda pilih bersifat edukatif.

Sebagai orangtua, sudah sepatutnya Anda aktif terlibat dalam aktivitas menonton si kecil. Perhatikan tayangan yang mereka tonton dan duduklah bersama mereka untuk menjelaskan apa yang terjadi di layar kaca.

Lantas, bagaimana cara menentukan suatu tayangan televisi yang edukatif? Berikut ini adalah sejumlah panduannya:

Contoh yang baik
Anak-anak cenderung terkait dengan karakter utama dalam pertunjukan yang mereka tonton, memujanya dan mencoba untuk meniru tindak-tanduk karakter tersebut. Oleh karena itu, pilih tayangan televisi dengan karakter kuat yang menunjukkan moral yang baik dan membuat pilihan-pilihan positif.

Pemecahan masalah
Carilah tayangan televisi yang menunjukkan kepada anak bagaimana cara memecahkan sebuah masalah, atau bagaimana menghadapi situasi yang tidak nyaman. Reaksi pertama anak usia prasekolah saat menghadapi tantangan biasanya menangis atau menyerah sepenuhnya. Sebuah karakter dalam tayangan edukatif dapat mengajarkan anak bagaimana mengatasi kekecewaan atau menjadi persisten. Banyak di antaranya yang menyajikan serangkaian solusi dan mendorong anak untuk membuat pilihan terbaik.

Membaca
Beberapa cara televisi yang mendidik untuk anak prasekolah juga mengajarkan tentang huruf dan bagaimana bunyi kata-kata. Sejumlah tayangan menampilkan kata-kata di bagian bawah layar dan meminta anak untuk mengikutinya. Program-program edukatif seperti ini memberikan anak-anak usia prasekolah keterampilan yang berharga dan berguna di kemudian hari.

Matematika
Tayangan yang mengajarkan keterampilan matematika kepada anak prasekolah, dapat membantu mereka untuk mendapatkan pemahaman mendasar tentang subjek yang mereka perlukan. Tayangan ini berfokus pada angka-angka, menghitung, pola, dan bentuk. Tayangan tersebut juga sering meminta anak untuk menamai bentuk atau untuk menyelesaikan pola, serta melakukan penambahan dan pengurangan sederhana. Semuanya dikemas dengan menarik ke dalam bentuk permainan.

Pemahaman
Sejumlah tayangan televisi mengajarkan anak-anak prasekolah tentang pemahaman, sering kali dengan menceritakan sebuah kisah dan kemudian menanyakan apa yang terjadi. Tayangan seperti ini membantu anak belajar tentang pentingnya memperhatikan, termasuk mengingat fakta-fakta penting. Anda juga bisa mengembangkan imajinasinya dengan bertanya beberapa hal yang berkaitan dengan tayangan tersebut, misalnya menanyakan, "Apa yang akan terjadi jika tokoh A marah atau apa yang terjadi jika tokoh B tertangkap basah mencuri?

Petualangan
Sejumlah tayangan televisi memberikan kesempatan kepada anak untuk melihat sekilas isi dunia. Tayangan-tayangan tersebut membawa anak-anak ke dalam petualangan di laut atau ke dalam hutan, dan meluncurkan mereka ke luar angkasa. Manfaatkan hal tersebut dengan memperhatikan objek yang diminati anak. Jika si kecil menunjukkan ketertarikan terhadap gajah dalam sebuah pertunjukan, ajak anak ke perpustakaan atau toko buku untuk mencari buku tentang gajah. (

0 komentar:

Posting Komentar