ARTIKEL TERBARU

Selasa, 28 Juni 2011

Perkecil Risiko Tertular Herpes Kelamin

Jakarta: Herpes kelamin merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang paling ditakuti. Meski tidak mematikan, penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) ini tidak dapat disembuhkan.

Kebanyakan orang tidak menyadari ketika dirinya terjangkit penyakit ini. Pasalnya, gejala yang timbul kadang tidak kelihatan. Akan tetapi, ada sejumlah langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperkecil risiko tertular herpes kelamin, seperti dikutip situs webmd.com:

Memakai kondom
Gunakan kondom setiap kali berhubungan seks. Kondom dapat melindungi Anda dari virus herpes jika mencakup daerah yang terinfeksi.

Penyakit menular seksual
Bertanyalah kepada pasangan apakah dia pernah memiliki penyakit menular seksual. Kebanyakan orang yang memiliki herpes kelamin tidak tahu bahwa dirinya terinfeksi. Jadi, tanyakan apakah dia pernah menderita penyakit menular seksual lainnya. Orang dengan riwayat penyakit menular seksual lebih mungkin untuk mengalami herpes kelamin.

Meski terasa canggung, adalah penting untuk bersikap satu sama lain. Pasangan mungkin takut mengatakan kebenaran karena khawatir terhadap reaksi negatif. Jika pasangan merasa nyaman berbicara dengan Anda, akan lebih mungkin untuk mendapatkan jawaban langsung.

Riwayat seksual
Tanyakan kepada pasangan tentang sejarah seksualnya. Seseorang yang telah memiliki banyak mitra seksual, lebih mungkin terinfeksi virus herpes.

Jumlah pasangan
Semakin sedikit mitra seksual yang dimiliki seseorang sepanjang hidupnya, semakin kecil kemungkinan dirinya terjangkit virus herpes.

Mendeteksi luka
Jangan berhubungan seks dengan pasangan yang memiliki luka pada alat kelaminnya. Jika tahu pasangan memiliki herpes kelamin, selalu jauhkan diri dari seks ketika gejala itu hadir. Atau, jika Anda melihat luka pada alat kelaminnya, jangan berhubungan seks sampai Anda yakin dia tidak memiliki herpes kelamin. Ingat, tidak semua orang yang menderita herpes kelamin menunjukkan gejala, dan luka herpes bisa sangat sulit untuk dideteksi.

Seks oral
Jangan menerima seks oral dari seseorang yang memiliki luka lepuh di mulutnya. Herpes mulut, yang menyebabkan luka di mulut, dapat ditularkan ke alat kelamin melalui seks oral.

Menjalani tes
Jika Anda berpikir pasangan berisiko tinggi menderita herpes kelamin, Anda dapat mempertimbangkan untuk memintanya menjalani tes. Dalam hal ini, Anda juga harus ikut diuji.

Hindari alkohol
Alkohol dan obat-obatan terlarang memperendah dan merusak penilaian. Orang cenderung kurang berhati-hati mengenai praktik seks aman ketika sedang mabuk.

Monogami
Jauhkan diri dari seks sampai Anda memiliki pasangan sah dan bermonogami seumur hidup. Satu-satunya cara untuk 100 persen yakin diri tidak terjangkit penyakit menular seksual adalah dengan memiliki satu mitra seks yang tidak berpenyakit menular seksual. Dengan catatan, Anda dan pasangan tetap bermonogami seumur hidup.

0 komentar:

Posting Komentar