ARTIKEL TERBARU

Rabu, 15 Juni 2011

Perubahan Payudara saat Hamil

Jakarta: Perubahan fisik umum terjadi selama masa kehamilan, termasuk pertumbuhan payudara. Dengan mengetahui fakta di balik perubahan kehamilan dan payudara, Anda tak akan merasa kaget dan mampu mengetahui cara menanganinya.

a. Penyebab
Pertumbuhan payudara selama kehamilan disebabkan meningkatnya progesteron dan estrogen. Kedua hormon itu menyebabkan saluran pembuluh darah dan jaringan kelenjar di payudara Anda meluas dan tumbuh dalam persiapan untuk memberikan susu untuk bayi.

b. Pertumbuhan
Menurut BabyCenter.com, ukuran payudara Anda bisa bertambah satu atau bahkan dua cup selama kehamilan, terutama Anda yang sedang hamil bayi pertama.

c. Tanda-tanda
Tanda-tanda pertumbuhan payudara termasuk gatal dan iritasi, mungkin muncul pula stretch mark ringan. Puting Anda dan areola (daerah gelap sekitar puting susu) juga akan menghitam dan lebih besar.

d. Perawatan
Untuk mengurangi rasa sakit akibat pertumbuhan payudara selama kehamilan, belilah bra baru yang mampu menopang dengan baik ukuran payudara baru Anda. Cari bra tanpa kawat dan bertali lebar.

e. Pertimbangan
Pertumbuhan payudara selama kehamilan sering disertai dengan meningkatnya kepekaan dan kelembutan payudara. Meskipun Anda merasa malas, American Pregnancy Association menyarankan bahwa Anda harus terus melakukan tes payudara sendiri selama kehamilan, sebaiknya setiap empat sampai lima minggu.

0 komentar:

Poskan Komentar